Wow! Ini 7 Hal Unik Tentang Tidur Siang Untuk Pria dan Wanita

Kamu tahu gak kalau tidur siang itu ternyata enak sekali, ya terkadang walu punya kesempatan hanya 10 menit tapi bagi mimin itu sudah menjadi sebuah kenikmatan yang haqiqi. Apalagi ibu hamil tidur siang itu sudah menjadi kewajiban baginya agar kesehatan janin dalam perut tetap terjaga. 

Walaupun hari libur diisi kegiatan yang menyenangkan, kamu sanggup permanen lelah dan cita rasanya ingin tidur sejenak. Tahukah engkau  jikalau sebesar 34 persen orang Indonesia suka  tidur siang? Tidur siang merupakan cara yang sehat buat mengurangi rasa kantuk dampak kekurangan tidur.



Bersumber dari brightside.Com (04/08/17) kamu mungkin akan berpikir kembali buat tidur siang sesudah membaca beberapa informasi berikut :

1. Tidur sejenak bisa menaikkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian dalam tahun 2015 yg dipublikasikan pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism [academic.Oup.Com, 10/12/15] meneliti 11 laki-laki  belia yg sehat & membatasi saat tidur malam mereka hanya dua jam saja. Mereka dipisah menjadi 2 grup.

Keesokan harinya dilakukan tes darah & urine untuk mengukur taraf hormon kortisol (hormon penyebab tertekan) didalamnya. Kedua kelompok menunjukan kadar hormon kortisol yong tinggi pada sampel darah dan urine.

Keesokan harinya, satu kelompok diberi saat 2 1/2 jam tidur siang, sementara gerombolan  ke 2 tidak diberi tidur siang. Sampel darah dan urin berdasarkan mereka yg tidur siang memberitahuakn bahwa taraf hormon kortisol mereka kembali normal seperti layaknya keadaan orang dewasa yg relatif tidur.

2. Para pakar bedah butuh sedikit tidur dan kafein ketika bertugas



Para pakar bedah terkadang wajib  melakukan sebuah operasi secara terus-menerus melebihi jam kerja manusia dalam biasanya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1994 pertanda bahwa tidur sejenak sangatlah efektif buat para ahli bedah karena mereka dituntut buat siaga 24 jam. Tapi terkadang pihak rumah sakit akan memberikan kafein dalam dokter bedah mereka jika terjadi situasi yg memaksa.

3. Tidur sejenak bisa menaikkan kesiagaan pada malam hari

Orang yang biasanya pergi kerja larut malam atau kerja menjadi shift malam, beberapa penelitian mengambarkan bahwa tidur sejenak antara 30 mnt hingga empat jam sebelum shiftnya, bisa membantu menaikkan performa kerja dan kesiagaan.

Tidur sejenak juga mampu menaikkan kewaspadaan ketika berkendara pada malam hari pada ketika perjalanan pergi dari kerja. Namun, sebagian akbar penelitian ini juga menganggap kafein turut berperan menjadi stimulan.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan dalam tahun 1995 menandakan bahwa tidur siang memberikan imbas yang lebih baik daripada mengkonsumsi minuman berkafein.

4. Tidur sejenak membantumu mempelajari hal baru

Jika kamu ingin belajar keterampilan baru menggunakan lebih baik, cobalah buat acapkali tidur sejenak. Sebuah penelitian dalam tahun 2006 di Biological Physiology membuat peserta sebagai 2 kelompok: mereka yg sering tidur siang & mereka yang tidur siang secara rambang. Setiap grup diberi waktu tidur sejenak sebelum diminta membaca. Orang-orang yg acapkali tidur di pagi hari mendapatkan hasil yg lebih baik dalam tugas membaca dan pemahaman. Peneliti menentukan bahwa otak orang yg biasa tidur siang memiliki kemampuan motorik yang baik, kemampuan ini bertanggungjawab dalam proses belajar manusia.

5. Agar permanen siaga di siang hari, tak jarang-seringlah tidur siang

Tidur sejenak pada siang hari pula bisa meningkatkan kesiapan mental dan performa kerja dari penelitian yg dipublikasikan dalam sciencedirect.Com (07/08/10). Akan tetapi para penelitin menemukan bahwa nir sejenak yg lebih singkat waktunya jauh lebih baik daripada tidur sejenak menggunakan ketika yg lebih usang. Waktu tidur sejenak paling efektif merupakan 10 menit, hasilnya dapat menghilangkan rasa kantu, kelelahan, menaikkan gairah, & mempertajam kemampuan kognitif. Tidur sejenak selama 30 mnt juga dapat menghasilkan dampak yg sama akan tetapi menurnkan taraf kesiagaan seseorang.

6. Tidur sejenak dapat menaikkan memory

Salah satu manfaat menurut tidur malam merupakan buat mengaturulang ingatanmu selama seharian beraktivitas.

Sebuah penelitian dalam tahun 2010 menguji apakah tidur siang pula menaikkan kemampuan otak memproses memori. Penelitian ini dilakukan sang 31 orang dewasa.

Pada pukul 12 siang, menurut banyak foto yg terdapat didepan mereka, responden diminta buat menghafalkan hanya 2 foto saja yang ditunjukan dalam mereka, selanjutnya satu kelompok diberi ketika 90 mnt untuk tidur sejenak & kelompok lainnya tidak.

7. Tidur siang bisa meningkatkan stamina

Ternyata tidur siang nir hanya baik buat kesehatan mental, namun juga berdampak positif dalam stamina & performa fisik.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 dipublikasikan sang Journal of Sports Sciences menguji 10 laki-laki  sehat buat lari 30 menit sebelum dan sehabis tidur siang. Waktu lari tercatat lebih baik sehabis tidur siang.

Pada pukul 4 sore, kedua kelompok tersebut diuji, hasilnya gerombolan  yg tidur selama 90 menit mempunyai kemampuan pengamatan dan ingatan yang lebih baik .



Sumber: Ucnews

Subscribe for our Newsletter

RE-IMAGINING THE WAY
Back to top